Re-Eksaminasi Konstruksi Kontrak Tidak Bernama Hire Purchase Kendaraan Bermotor Dan Hubungannya Dengan Leasing

Authors

  • Jamalum Sinambela Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia
  • Edison Donauli Simbolon

Keywords:

Re-Eksaminasi, Perjanjian, Perlindungan Konsumen

Abstract

Perjanjian merupakan hak setiap orang untuk melakukan perikatan, namun melakukan perjanjian haruslah melihat peraturan atau ketentuan yang mengatur mengenai perjanjian agar perjanjian tersebut sah. Perjanjian sewa-beli adalah ciptaan praktek yang didasari oleh asas kebebasan berkontrak. Kebebasan berkontrak tidaklah murni sebebas-bebasnya, ada batasannya dalam melakukan atau pembuatan kontrak. Batasan dari asas kebebasan berkontrak salah satunya adalah Pasal 18 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, yang mencantumkan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam berkontrak. Akibatnya bila dilakukan adalah kontrak tersebut batal demi hukum. Perjanjian sewa beli yang banyak saat ini adalah perjanjian yang dibuat sepihak oleh penjual, yang seharusnya perjanjian itu dibuat oleh kedua belah pihak, yang menentukan semuanya adalah penjual dan konsumen tinggal menyetujui dan mematuhi. Posisi konsumen yang lemah ini dan menimbulkan banyak kerugian. Posisi yang lemah itulah yang dimanfaatkan oleh penjual dengan memaksakan beberapa hal dalam pasal-pasal perjanjian seperti pengambilan kembali unit apabila tidak membayar tanpa memperhitungkan pembayaran yang telah dilakukan konsumen sebelumnya.Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan kasus yang bertujuan untuk mengetahui re-eksaminasi konstruksi perjanjian sewa-beli kendaraan bermotor.

Author Biography

Edison Donauli Simbolon

Perdata

References

Badrulzaman, Mariam Darus, 1994, Aneka Hukum Bisnis, Alumni, Bandung.

Fakultas Hukum Universitas Airlangga, 2005, Bahan Ajar Hukum Kontrak, Surabaya

H, Sri Gambir Melati, 1999, Beli Sewa Sebagai Perjanjian Tak Bernama: Pandangan Masyarakat Dan Sikap Mahkamah Agung Indonesia, Alumni, Cetakan ke-2, Bandung.

Hartana, 2016, Hukum Perjanjian Dalam Perspektif Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara, Jurnal Komunikasi Hukum, Volume. 2, Nomor 2, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Hernoko, Agus Yudha, 2008, Hukum Perjanjian Asas Proporsionalitas Dalam Kontrak Komersial, Laksbang Mediatama, Yogyakarta.

Khalid, Zuhriati, 2016, Analisis Yuridis Kedudukan Perjanjian Kemitraan Antara Pengemudi Jasa Angkutan Online dan Perusahaan Provider Ditinjau Dari Aspek Hukum Keperdataan, Jurnal Hukum Kaidah, Media Komunikasi dan Informasi Hukum dan Masyarakat, Volume. 18, Nomor 3.

Kusmiati, N. Ike, 2017, Kedudukan UNIDROIT Sebagai Sumber Hukum Kontrak Dalam Pembaharuan Hukum Kontrak Indonesia Yang Akan Datang, Jurnal Hukum Litigasi, Volume. 18, Nomor. 1.

Marzuki, Peter Machmud, 2005, Penelitian Hukum, Kencana Prenada Media, Jakarta.

Matteucci, Mario, 1937, The History of Unidroit and the Methods of Unification, Law Library.

Rijadi, Prasetijo, 2017, Memahami Metode Penelitian Hukum Dalam Konteks Penulisan Skripsi/Tesis, AL Maktabah, Surabaya.

Salim, 2010, Perkembangan Hukum Kontrak Innominaat di Indonesia, Sinar Grafika, Jakarta.

Simatupang, Richard Burton, 1996, Aspek Hukum Dalam Bisnis, Rineka Cipta, Jakarta.

Subekti, 1995, Aneka Perjanjian, Alumni, Bandung.

----------, 1992, Aneka Perjanjian, Citra Aditya Bakti, Cetakan II, Bandung.

Suhadi, Endi, Ahmad Arif Fadilah, 2021, Penyelesaian Ganti Rugi Akibat Wanprestasi Perjanjian Jual Beli Online DIkaitkan Dengan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Jurnal Inovasi Penelitian, Volume 2, Nomor 7.

Suharnoko, 2004, Hukum Perjanjian: Teori dan Analisa Kasus, Kencana, Jakarta.

Syahrani, Riduan, 1992, Seluk Beluk Dan Asas-Asas Hukum Perdata, Alumni, Bandung.

Vollmar, H.F.A., 1992, Pengantar Studi Hukum Perdata, Rajawali Press, Jilid I, Jakarta.

Yani, Gunawan Widjaja Ahmad, 2003, Hukum Tentang Perlindungan Konsumeni, Gramedia Pustaka Utama, Cetakan Ke-3, Jakarta.

Downloads

Published

2023-09-01